021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
06/02/2024

Pengobatan Patah Tulang dengan Tulang Sapi

Administrator | Penelitian Sains dan Teknologi

Sapi adalah hewan ternak yang biasanya dimanfaatkan untuk manusia. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia. Hasil sampingannya seperti kulit dan kotorannya juga sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Ternyata, sapi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengganti tulang untuk menyembuhkan patah tulang. Bone graft atau tulang pengganti berguna untuk mengisi kekosongan atau kebolongan pada tulang yang diakibatkan oleh tumor tulang atau cedera tulang yang parah. Bahan pengganti tulang ini tersusun dari hidroksiapatit yang merupakan unsur utama tulang manusia dan tulang sapi merupakan sumber hidroksiapatit alami yang membuat tulang sapi bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan patah tulang pada manusia.

            Cara kerjanya adalah dengan memasukkan padatan berukuran 1 sampai 1,5 cm ke dalam rongga tulang pasien sesuai dengan kebutuhan. Ini merupakan teknik yang sangat efisien dan bisa menghemat waktu dalam proses penyembuhan. Teknologi nuklir juga digunakan yaitu radiasi ionisasi atau radiasi sinar gamma untuk sterilisasi tulang sapi setelah diproses menjadi bone graft. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri atau virus yang mungkin masih tersisa pada tulang sapi, sehingga dapat menghindari infeksi atau masalah kesehatan pada pasien setelah pemasangan bone graft.

            Manfaat dari bone graft yang terbuat dari tulang sapi ini sangat banyak. Biaya yang diperlukan jauh lebih rendah dibandingkan dengan bone graft yang biasa diimpor. Bone graft yang diimpor memiliki harga sampai jutaan rupiah sedangkan bone graft dari tulang sapi ini hanya memerlukan biaya ratusan ribu rupiah saja. Selain itu, limbah tulang sapi yang tidak digunakan dan biasanya hanya dibuang bisa dimanfaatkan kembali. Metode ini juga dapat digunakan untuk menutup lubang pada tulang gigi yang rusak sehingga juga membantu dalam pengobatan gigi. Dengan ini, orang yang belum memiliki kesempatan karena biaya yang mahal untuk melakukan pengobatan patah tulang bisa mendapatkan pengobatan juga dengan biaya yang lebih rendah.

            Tulang sapi bisa dimanfaatkan untuk pengobatan patah tulang. Pengobatan patah tulang dengan bone graft dari tulang sapi ini juga tidak jauh berbeda dengan pengobatan dengan bone graft biasa. Bone graft dari tulang sapi ini juga memberikan kesempatan untuk orang yang ekonominya menengah ke bawah karena biayanya lebih terjangkau dibandingkan dengan bone graft biasa. Secara keseluruhan, pengobatan dengan bone graft yang terbuat dari tulang sapi ini sudah siap untuk diterapkan.

By: Samuel Christopher Alta Roni H.-XII IPA

 

Bagikan Ke: