021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
13/05/2024

Pantang Mengabaikan Peluang

Administrator | Prestasi

Halo sababat Hoecken

Dihari ulang tahun Pangudi Luhur Bernardus yang ke-20 Tahun ini, penulis akan menyampaikan kabar baik terutama terkait dengan perkembangan akademik di SMA Pangudi Luhur Bernardus. Mau tau apa sih perkembanganya??? Yuk lanjutin baca sampai habis ya….

Ketika mendengar kata “Olimpiade Sains” apa sih yang tebenak dalam pikiran sahabat Hoecken?? Pasti bermacam-macam ya. Kalo penulis menganggapnya sebagai suatu “tantangan dalam bidang sains”. Nah, karena penulis sangat suka Biologi sejak bangku SMA, sehingga sampai sekarang juga senang dalam hal-hal yang berbau “ilmu hayati”. Jika membahas Biologi, itu adalah sesuatu yang mengasyikan karena kita bisa dengan mudah mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Namun bagaimana caranya kita bisa mengetahui bahwa Biologi itu asik???? Tentunya mudah, dengan cara kita selalu berikan pertanyaan kecil setiap hari dengan topik yang berbeda, pasti dijamin sahabat Hoecken akan ketagihan belajar Biologi.

Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana biasanya SMA mengadakan ekstrakurikuler untuk mempersiapkan Olimpiade Sains Nasional. Hal ini dikarenakan jumlah peserta tidak memenuhi kuota yang diberikan sekolah, sehingga untuk mempersiapkan OSN-K bisa dikatakan sangat singkat, hanya sekitar 1 bulan. Namun bersukur sekali, para siswa yang tertarik adalah mereka yang memang suka dengan Biologi, sehingga ada salah satu peserta didik yang lolos ditingkat Kabupaten dan bisa melanjutkan ke jenjang Provinsi. Meskipun hasilnya belum keluar mari kita doakan bersama agar diberikan yang terbaik. Selain itu, sekolah mendapatkan undangan “International Applied Biology Olympiad (IABO)” yang diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS). Kemudian saya menawarkan kepada salah satu peserta didik karena waktu pelaksanaannya hampir sama dengan OSN-P. Ternyata tawaran saya diambil dengan alasan biar belajarnya sekalian. Ternyata tawaran yang saya berikan diambil sebagai tantangan sekaligus sebagai peluang. Pengin tau cerita dari peserta didik yang biasa dikenal dengan panggilan “Ruben”

Yuk kita cermati kesan dan pesannya siapa tau menginspirasi sahabat Hoecken lainya agar memanfaatkan peluang khususnya yang diberikan dari pihak sekolah.

“Jadi saya ditawarkan untuk ikut International Applied Biology Olympiad atau IABO pada saat ada pengumuman saya lolos OSN-K. Nah, karena ditawarkan, saya langsung mengajukan diri karena ada kesempatan. Menurut saya kenapa tidak? Walaupun memang menjadi tambah ketat jadwalnya.”

“Saya mengikuti ronde prelim atau semifinal pada tanggal 4 Mei 2024, dan ternyata lolos, lalu saya persiapkan lagi untuk ronde finalist pada tanggal 11 Mei 2024. Persiapan saya yang pastinya saya berdoa dan belajar, tapi kalau untuk persiapan saya sih belajarnya santai, mengerjakan testnya juga santai, tapi saya malah menunggu hasilnya yang gugup. Belajarnya tidak berlebihan karena memang tidak cocok untuk saya, tapi belajar dan berlatih untuk segala sesuatu yang disukai itu prefrensi dan kebiasaan pribadi. Jangan lupa makan makanan favorit (Nasi Goreng) dan istirahat yang cukup.”

“Untuk murid-murid PL khususnya, saya punya saran-saran. Kalian kalau suka, kalau minat, terima semua kesempatan dan peluang yang ada. Time management-nya disesuaikan dan diperhatikan supaya jangan malah sakit atau terhadang saat kesempatannya sampai. Jangan overwork, overthinking, dan tetap positif serta optimis. Jangan lupa berdoa tapi juga diiringi dengan usaha.”

Semoga apa yang saya tuliskan dan pesan dari Ruben bisa menginspirasi sahabat Hoecken dimanapun berada. Serta mohon doanya, agar nanti pada tanggal 20-23 Juni 2024, bisa dilancarkan kegiatannya di Bali. dan bisa dijadikan sebagai pembelajaran yang berharga.

Jadilah pribadi yang berguna bagi orang lain, minimal jika belum bisa, bermanfaatlah untuk diri sendiri, selalu bahagia dan ambilah peluang yang ada. Karena kesempatan tidak berjalan dua kali ya.

By: Leads

Bagikan Ke: