Semangat Pagi Sahabat Hoecken…
Pernahkah anda semua mendengarkan rapor pendidikan?
Rapor pendikan adalah Indikator terpilih dari Profil Pendidikan yang merefleksikan prioritas Kemendikbudristek yang digunakan untuk menilai kinerja daerah dan satuan pendidikan. Tujuan Rapor Pendidikan adalah menampilkan hasil asesmen dan juga survei nasional suatu satuan pendidikan maupun daerah. Melalui Rapor Pendidikan, sekolah maupun daerah dapat menggunakan data dalam rapor tersebut untuk mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Pada hari Kamis, 9 Februari 2023 kami tim dari SMA PL Deltamas yang terdiri dari Br. Marno, Pk Yohanes, Bu Lidia dan Bu Prida berangkat dari pukul 23.15 WIB menuju ke Tawangmangu-Karanganyar, Jawa Tengah. Kami bersama dengan 6 tim pendidik dan kependidikan dari SMA Pangudi Luhur se Pulau Jawa menghadiri undangan In House Training Rapor Pendidikan. Narasumber dari kegiatan ini adalah ibu Dr. Ninik Kristiani, M.Pd. Kami diajarkan untuk menganalisis hasil rapor pendidikan yang akan digunakan untuk menentukan rencana kegiatan dan anggaran sekolah. Kegiatan ini berahir pada Sabtu, 11 Febuari 2023.
Penulis sangat senang melihat hasil rapor pendidikan yang diperoleh SMA PL Bernardus dari hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di tahun 2022. Karena hasil dari Rapor pendidikan kami secara keseluruhan bagus. Namun kami tidak boleh puas dengan hasil yang telah dicapai. Justru kebalikannya kami harus mempersiapkan strategi supaya bisa meningkatkan yang kurang. Berdasarkan penilaian AKM, komponen penilaian yang termasuk mahir adalah Proporsi peserta didik dengan kemampuan literasi dan numerasi. Hal yang membudaya adalah gotong royong, kemandirian, nalar kritis, kebinekaan global, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia. Iklim keamanan sekolah seperti perundungan, hukuman fisik dan narkoba termasuk aman.
Tujuan AKM dirancang adalah untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Melalui AKM ini siswa diukur kemampuannya tidak hanya dari kemampuan menguasai teori tetapi juga dari praktik aplikasi dan kemampuan bernalar siswa. AKM tidak hanya mengukur sejauh mana siswa bisa menyelesaikan soal-soal tetapi juga melatih kemampuan berpikir siswa. Peserta AKM hanya akan dipilih beberapa murid saja pada setiap sekolah dan ditentukan oleh pihak Kemendikbud bukan sekolah secara acak. Tingkat kompetensi ini dapat dimanfaatkan guru untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Demikian sekilas kegiatan yang kami lakukan, mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat Hoecken.
By: Leads