021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
14/06/2022

Penilaian Akhir Tahun SMA Pangudi Luhur Bernardus

Administrator | Kegiatan Peserta Didik

Kegiatan Penilaian Akhir Tahun atau yang biasa lebih dikenal dengan singkatan PAT merupakan salah satu cara yang diambil oleh sekolah untuk mengukur proses pencapaian siswa dalam bidang akademik yang dilakukan di akhir tahun pembelajaran. Kegiatan PAT dilaksanakan mulai 30-31 Mei 2022 dilanjutkan 2-10 Juni 2022. Di SMA PL Bernardus untuk teknis pelaksanakan dilakukan secara "online" menggunakan applikasi "Tegar Media", walaupun untuk tempat pelaksanaanya peserta didik wajib hadir ke sekolah.

Dalam proses pengolahan nilai, untuk nilai PAT mendapatkan peran sebesar 1 poin atau sekitar 20% dari proses pembelajaran. Hal tersebut kami ambil untuk lebih menghargai proses selama peserta didik dalam berdinamika, karena ada beberapa peristiwa sebelunya, ada siswa yang selama proses pembelajaran aktif, untuk nilai diraport kurang memuaskan. Setelah beberapa data didapatkan, ternyata peserta didik saat kegiatan PAT sakit. Dari peristiwa tersebut sehingga sekolah harus tetap memberikan solusi yang tepat.

Hal yang telah dilakukan SMA PL dalam menghadapi kegiatan PAT beberapa diantaranya melakukan proses pendampingan bagi peserta didik yang disebut sebagai "siswa perlu perhatian khusus", mengajak siswa untuk berefleksi berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab sebagai peserta didik, menyiapkan perangkat yang akan digunakan baik laptop maupun hp.

Selama proses kegiatan PAT ditemukan beberapa hal yang termasuk menghambat teknis pelaksanaan, misalnya: perangkat yang digunakan siswa tidak mendukung, serta persiapan dari peserta didik, serta beberapa ruangan yang koneksi ke wifi lumayan susah. Namun dari hambatan tersebut, kemudian oleh tim  segera diselesaikan. Para pengawas juga melaksanakan tanggungjawab dalam proses berlangsung dan yang terpenting adalah mencatat kejadian agar bisa segera dicarikan solusinya.

Hal yang kami tanamkan selama proses PAT berlangsung yaitu komunikasi dan jujur. Bersukur di SMA PL Bernardus masih banyak ditemui anak-anak yang jujur, mengikuti aturan yang ada, namun tentunya masih ada beberapa anak yang melanggar aturan. Peran dari guru terutama menegur dan mengingatkan agar mereka tidak mengulangi serta mengikuti aturan yang ada. Semoga dengan kegiatan PAT ini baik guru maupun peserta didik dapat mengambil sisi positip, minyalnya : bagaimana mengatur waktu, komunikasi dan kejujuran.

Setelah kegiatan PAT selesai, peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan ahir tahun yang telah direncanakan sekolah, dimana sifatnya lebih ke kebersamaan, dan mengekplor diri dalam beberapa permainan. Hal ini agar peserta didik bisa merasakan rileks setelah mengikuti kegiatan yang lebih serius. Semoga kegiatan yang telah direncanakan, dilaksanakan bisa bermanfaat terutama untuk sahabat hoekens.

By: Leads

 

Bagikan Ke: