021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
16/12/2023

Sapi Brangus

Administrator | Penelitian Sains dan Teknologi

Sapi merupakan hewan yang diternakan, karena sapi banyak manfaatnya. Manfaat pada sapi yaitu untuk olahan susu dan juga untuk dimakan dagingnya. Bagi kesehatan manusia sapi memiliki manfaat sebagai berikut. Menjaga sistem imun tetap optimal sehingga tidak mudah sakit, mencegah anemia, pellagra, dan kelainan akibat defisiensi gizi lainnya. Mengembangbiakkan sapi ada tantangannya, misalnya adanya Penyakit mulut dan Kuku. Tahun 2022 peternak sapi mengalami kerugian yang besar akibat penyakit mulut dan kuku ini. Berdasarkan data yang telah dicari, penyakit mulut dan kuku ini merupakan penyakit menular yang menyerang hewan ternak atau hewan liar berkuku belah seperti sapi.

Munculnya PMK disebabkan oleh virus yang dinamai foot and mouth diseases virus. Virus PMK ini bisa menyebar lewat udara atau airbone ini cukup cepat dan perlu penanggulangan khusus untuk menghadapi wabah ini. Peternak sapi Indonesia juga mempunyai masalah lain, contohnya yaitu nafsu makan sapi yang bisa berubah, dimana dalam menghasilkan sapi yang berkualitas ini dibutuhkan sapi yang bernafsu makan tinggi agar nantinya kebutuhan gizi sapi juga bisa tercukupi. Mulai dari virus sampai nafsu makan sapi ini merupakan masalah dimana sapi yang mudah terjangkit penyakit akan mengakibatkan penurunan produksi pada sapi dan berimbas pada kerugian yang dialami oleh para peternak sapi.

Masalah yang membuat perekonomian peternak Indonesia merosot ini dikarenakan kurangnya daya tahan pada sapi, dimana sapi tersebut mudah terserang virus. Dalam menjawab masalah ini hadirlah persilangan sapi, setelah saya mencari-cari tentang persilangan sapi, saya menemukan sapi Brangus, yaitu sapi hasil persilangan sapi betina Brahman dengan sapi jantan Angus. Kelebihan dari sapi Brangus ini terdapat pada daya tahannya, dimana sapi Brangus ini memiliki gen dari sapi Brahman yang memiliki daya tahan yang kuat serta gen dari sapi Angus yang mempunyai kemampuan dalam menghasilkan daging dan susu yang berkualitas. Kelebihan pada sapi Brangus juga terdapat pada pertumbuhannya yang cepat dimana sapi Brangus ini memiliki nafsu makan yang tinggi. Kunci dalam menghasilkan sapi yang berkualitas yaitu, terpenuhinya kebutuhan gizi, dengan nafsu makan yang tinggi ini maka kebutuhan gizi pada sapi akan terjaga. Sapi Brangus ini juga tetap bisa menghasilkan daging yang berkualitas walaupun mendapatkan pakan yang rendah, namun disarankan untuk memberikan pakan yang berkualitas agar nantinya kualitas daging sapi yang dihasilkan juga bisa maksimal.

Kehadiran sapi Brangus ini bisa menjadi solusi bagi peternak di Indonesia, karena sapi Brangus ini dapat mengatasi masalah-masalah yang ada pada peternak sapi, mulai dari ketahanan daya tubuh, nafsu makan yang tinggi, serta kualitas daging yang tinggi walaupun pakan yang rendah. Dengan hadirnya Sapi Brangus ini dapat menjadi solusi bagi peternak untuk bisa ikut menternakan sapi dengan kualitas tinggi. Harga sapi Brangus ini juga bisa dibilang mirip-mirip dengan sapi potong lainnya. Contoh harga sapi yang saya bandingkan yaitu sapi Bali dengan sapi Brangus. Dimana sapi Brangus 350kg dijual dengan harga Rp 22.000.000 per ekor, dan harga sapi bali 350 kg dijual dengan harga 21.000.000-24.000.000 juta per ekornya.

Dengan harga yang bisa dibilang berkisaran sama ini, sapi Brangus lebih terjamin kualitasnya serta lebih rendah resikonya untuk gagal dalam berternak. Sapi Brangus ini dapat menjadi pilihan untuk peternak sapi yang ingin mendapatkan sapi dengan kualitas tinggi dengan harga yang relatif sama dengan sapi lainnya. Dengan hadirnya sapi Brangus diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang ada, sehingga nantinya tidak muncul kerugian yang bisa disebabkan karena daya tahan sapi yang kurang kuat sehingga terjangkit penyakit. Dengan sapi Brangus ini, kesejehteraan masyarakat yang hidup dengan berternak akan lebih Sejahtera, karena memiliki sapi yang dengan kualitas yang tinggi dimana daya tahan tubuhnya kuat, bisa menjadi daging olahan serta susu olahan.

Sapi Brangus dapat diternakan di Indonesia, hal itu dikarenakan sapi ini memiliki daya tahan tubuh yang memungkinkan mereka untuk beradaptasi di negara tropis. Sapi Brangus menjadi pilihan yang sangat tepat dalam berternak,karena selain harganya sama dengan sapi lainnya yang biasa dijual diindonesia.Sapi Brangus ini juga memiliki kualitas yang lebih tinggi dari sapi lainnya.Dengan adanya sapi Brangus menjadi pilihan yang menjanjikan bagi peternak.

By: Steven Dwinov-12 IPS

Bagikan Ke: