021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
09/08/2023

Menjaga Tutur Kata yang Baik dalam Berkomunikasi

Administrator | Pendidikan

Sahabat Hoecken, kali ini saya akan berbagi hal baik yang biasanya sering dianggap biasa, namun ini merupakan hal yang sangat penting terutama dalam berelasi serta berkomunikasi. Yuk....kita sama-sama membaca dan harapanya bisa kita terapkan ya...

Manusia adalah makhluk sosial. Dan kita semua tentu saja sudah mengetahui hal tersebut bukan? Dan sebagai makhluk sosial, kita jelas harus menggunakan tutur kata yang baik dan sopan dalam berbicara dengan orang lain. Tutur kata yang baik dan sopan adalah kunci penting dalam menjalin hubungan yang harmonis dan produktif dengan orang lain. Dalam berkomunikasi, penggunaan kata-kata yang tepat dan menghindari bahasa kasar dapat mencerminkan tingkat kehormatan, penghargaan, serta rasa saling menghormati antarindividu.

Mengapa sih menjaga tutur kata itu penting?

Karena tutur kata yang baik mencerminkan penghormatan terhadap perasaan, pendapat, dan keyakinan orang lain. Dengan berbicara dengan sopan, kita menunjukkan bahwa kita menghargai dan menghormati pandangan mereka. Lalu jika kita berbicara bahasa kasar dengan orang lain, itu dapat merusak hubungan dan memicu konflik. Sebaliknya, tutur kata yang baik dapat membantu membangun hubungan yang positif, membuat orang merasa nyaman untuk berbicara dan berbagi.

Lalu bagaimana caranya kita menjaga tutur kata?

Dengan mencoba menghindari terburu-buru atau emosi berlebihan saat berbicara. Berbicaralah dengan tenang dan penuh perhatian. Kita coba juga untuk memahami pandangan orang lain sebelum mengemukakan pendapat kita, hal tersebut dapat membantu dalam merespons dengan bijaksana. Lalu kita harus menjauhkan diri dari penggunaan kata-kata kasar, merendahkan, atau menyakitkan hati. Gunakan alternatif yang lebih sopan. Kita juga harus hindari berbicara terlalu keras atau terlalu pelan. Menjaga volume suara yang sesuai adalah tanda penghormatan terhadap lawan bicara. Dan terakhir, sering-seringlah berkata menggunakan kata "tolong", "maaf" dan "terima kasih" menunjukkan rasa sopan santun dan penghargaan terhadap bantuan atau informasi yang diberikan.

Menjaga tutur kata yang baik memang hal yang sulit, karena terkadang kita berada dalam situasi yang emosional atau sulit menjaga tutur kata yang baik. Hingga menjaga tutur kata yang baik bisa menjadi tantangan tersendiri untuk kita. Namun, dengan latihan dan kesadaran diri, kita dapat mengatasi tantangan tersebut dan tetap berkomunikasi dengan sopan. Dan juga hal yang harus kita semua ingat, bahwa tutur kata yang baik dan sopan merupakan nilai penting dalam berkomunikasi yang efektif. Dengan berbicara dengan penuh penghormatan dan kepedulian terhadap perasaan orang lain, kita dapat membangun hubungan yang positif, mencegah konflik, dan menciptakan lingkungan yang harmonis dalam interaksi sehari-hari. Jadi, mari untuk menjaga tutur kata kita saat berkomunikasi dengan orang lain!

By: Frischelia Rahel Ardesta-XII IPS

Bagikan Ke: