021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
29/01/2023

Pangudi Luhur Bernardus Wonderful Adventure and Study Tour

Administrator | Kegiatan Peserta Didik

Halo sahabat Hoecken, saya akan berbagi pengalaman kegiatan selama mengikuti kegiatan studytour yang dilaksanakan di SMA Pangudi Luhur Bernardus dari tanggal 26-28 Januari 2023. Semoga apa yang nantinya saya bagikan bisa menginspirasi sahabat Hoecken.

Kamis, 26 Januari 2023, peserta didik kelas 10-11 berkumpul di gedung sekolah mulai pukul 05.00 WIB untuk melakukan ceking kelengkapan kehadiran. Banyak siswa yang datang lebih pagi dari saya, ini membuktikan bahwa mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Maklum, kami baru melakukan kegiatan besar yaitu ke luar kota setelah pandemi. Dan perlu sahabat Hoecken ketahui, kegiatan ini dilaksanakan tanpa adanya “event organizer”. Tim guru saling bekerjasama, dalam pembagian tugas untuk mengurus tempat, acara maupun transportasi yang digunakan. Sebetulnya ada dua kegiatan yang dilakukan bersama, yaitu: tim Study tour dan tim Retreat yang diikuti oleh peserta kelas 12. Kami berangkat agar mundur sedikit dari perencanaan, karena ada beberapa peserta didik yang datang terlambat. Namun ahirnya semua bisa teratasi, dan kamipun segera berangkat meninggalkan SMA PL Bernardus tercinta menuju lokasi tujuan.

Selama perjalanan menuju ke tujuan, kami sempat berhenti di beberapa rest area. Candi mendut merupakan tujuan pertama kami setelah sampai di Muntilan, Jawa Tengah. Kami menuju ke Vihara terlebih dahulu sebelum ke Candi Mendut dengan dipandu oleh Mas wahyu selaku “tour guide”. Pak Wahyu menjelaskan secara detail, sehingga saya pribadi merasa sangat senang dalam mengikuti penjelasannya. Semoga peserta didik juga bisa menyimak apa yang disampaikan. Adapun tujuan destinasi ini agar peserta didik dapat menggali informasi tentang warisan sejarah, serta menanamkan jiwa toleransi terutama kepada peserta didik yang berbeda agama.

Tujuan berikutnya dihari pertama adalah “Jejamuran”. Karena adanya kemunduran dari estimasi waktu yang ditentukan, sehingga peserta didik mengikuti kegiatan namun tidak penuh seperti yang direncanakan. Dan ada beberapa hal yang harus diubah dari “rundown” acara melihat situasi yang ada. Setelah berkeliling di area produksi jamur, peserta didik dipersilakan untuk makan malam. Ternyata kami diberikan “goody bag” oleh pihak Jejamuran, karena barang bawaan kami banyak, sehingga kami meminta agar dipaketkan saja dan bisa digunakan untuk pembelahjaran selama nanti tsampai di Deltamas. Adapun tujuan dari kegiatan ini memberikan wawasan pengetahuan kepada peserta didik tentang inspirasi kewirausahaan, mempelajari tentang kandungan bahan-bahan media tanam jamur serta jenis-jenis jamur. Kami sangat bersukur sekali karena walaupun sebentar kami bisa belajar berkaitan dengan budidaya jamur, serta menikmati makan malam dengan menu spesial "sate jamur". Hujan pun datang setelah kami  masuk ke dalam bus menuju perjalanan ke Panti Asuhan.

Kami sampai di Panti asuhan terlambat dari yang telah dijadwalkan, namun kami tetap melakukan koordinasi dengan pihak panti. Saya pribadi sampai disana sangat kaget, ternyata acara penyambutan diluar ekspektasi, anak-anak sudah disiapkan dengan sambutan yang pertama yaitu tari-tarian dilanjutkan musik angklung. Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan permainan keakraban yang telah disiapkan oleh tim OSIS, Ambalan dan MPK, serta ditutup dengan renungan singkat sebelum tidur. Karena hari sudah malam, sehingga kami meminta agar proses keakraban dilaksanakan sampai jam 10 saja mengingat saudara kita yang dipanti juga harus bersekolah untuk besoknya, dan kami juga masih melanjutkan kegiatan dihari kedua.

Dari ke-2 ini kami mempersiapkan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu kunjungan ke SMA PL Vanlith. Kami menunggu sebentar untuk berpamitan dengan Bruder dan saudara kita yang dipanti. Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan kepedulian terhadap sesama yang berkekurangan, dengan berbagi kasih. Kami juga menyampaikan titipan tali kasih dari para siswa maupun dari orang-orang baik selain dari SMA PL Deltamas untuk kami berikan.

Di SMA PL Vanlith kami sangat senang sekali karena begitu datang langsung disambut oleh Br. Giwal selaku kepala sekolah beserta guru dan peserta didik. Walaupun kami baru bertemu pertama kali disana, suasana kekeluargaan sangat terasa sekali. Permainan persahabatan seperti: Basket, futsal, voli, tenis meja, catur, dan badminton. Sebelum memulai permainan, ada tampilan "dance" baik dari SMA PL Bernardus maupun dari SMA PL Vanlith. Rasanya kami semua masih betah ingin berlama-lama di sana, namun karena sudah ada jadwal yang bisa dikatakan padat, akhirnya beberapa kegiatan harus kami potong. Sehingga setelah permainan selesai kami kembali lagi untuk foto bersama dan berpamitan untuk melanjutkan berkunjung ke Noviciat FIC. Bruder Wayan beserta para Frater di Noviciat menyambut kami dengan sangat ramah. Kami diberikan penjelasan mengenai proses untuk menjadi bruder dan mendengarkan sharing dari frater yang memilih untuk hidup membiara. Kami berharap ada peserta didik kami yang nantinya juga tertarik untuk bisa hidup membiara dan memberikan dirinya untuk melayani sebagai seorang bruder. Kami belajar dari kegiatan ini yaitu persaudaraan peserta didik sesama Pangudi Luhur dan mengenal panggilan hidup tentang keteguhan hati bruder FIC.

Tujuan kami berikutnya adalah Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY). Di Univeristas Atmajaya kami disambut sangat baik oleh tim mahasiswa UAJY beserta staff. Begitu sampai, kami langsung diajak foto bersama kemudian diminta untuk berkeliling. Saya sangat senang dan bangga ketika siswa-siswi kami disambut dengan sangat baik. Ternyata ada alumni kami, yaitu Dwiki Galih Dewanta Omposunggu atau yang biasa dipanggil Dewa. Kami berkeliling mengunjungi perpusatkaan dan beberapa ruang laboratorium, terutama bioteknologi, dimana jurusan ini merupakan salah satu unggulan yang ada di UAJY.  Dan terahir kami berkumpul di  ruangan yaitu student collage dan kami diajak berkenalan dengan UAJY secara dekat, ya walaupun tidak bisa dengan waktu yang lama ya, tetapi anak senang. Tujuan kegiatan ini yaitu membuka wawasan pengetahuan siswa berkaitan dengan dunia Universitas.

Di Malioboro Yogyakarta, pertama kita berkunjung ke benteng “Vendeburg”. Kami dipandu oleh "tour guide" untuk dikenalkan dengan sejarah berdirinya dan fungsi benteng tersebut bagi masyarakat waktu itu. Saya sangat senang karena bisa melihat sejarah terutama kegiatan yang terjadi pada masa itu di Yogyakarta. Anak-anak juga dapat diberikan tanggungjawab untuk bisa berjalan-jalan di sekitar Malioboro. Mereka bisa berkumpul kembali tepat waktu dalam kondisi yang lengkap. Tujun kegiatan ini yaitu mengenal sejarah, budaya dan membuka wawasan kewirausahaan bagi peserta didik.

Yang terakhir yaitu makan malam di RM Muara Kapuas, wilayah Kali urang sebelum sampai ke tempat istirahat.  Makanan yang disediakan lebih dari cukup. Kemudian kami melanjutkan ke penginapan Taman Eden. Sampai ditempat penginapan kami harus memastikan semua peserta didik bisa beristirahat agar mereka masih bisa mengikuti kegiatan berikutnya.

Hari ketiga ini ada kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu juga, yaitu “Lava Tour”. Kami semua sudah siap untuk dijemput oleh "jeep" dari pukul 04.00 WIB. Saya sangat senang sekali karena bisa melihat secara langsung gunung merapi dengan sejarahnya, diamana pada waktu itu mengalami erupsi sehingga harus memakan korban yang sangat besar. Namun dibalik itu semua, sekarang ini bisa memberikan berkat bagi penduduk disekitar Merapi.

Ahirnya  sekitar pukul 09.15 WIB kami meninggalkan Jogjakarta dan mengikuti perjalanan pulang Ke Deltamas. Bersukur sekali selama perjalanan sangat lancar dan sampai di Deltamas dengan keadaan sehat. Semua siswa juga dijemput tepat waktu oleh orang tuanya sesuai dengan perencanaan. Puji Tuhan acara study tour berjalan dengan lancar, siswa senang kami juga ikut senang. Bersyukur untuk kerjasama yang baik antar guru dan siswa di tahun ini. Sehingga semua kegiatan berjalan dengan lancar. Dan alam pun ikut mendukung kegiatan kami, karena hampir disemua kegiatan hujan datang saat kami sudah meninggalkan tempat destinasi. Dan kami mendapatkan info kalo disiang harinya, ternyata Merapi kembali ada erupsi kecil.

Sahabat Hoecken masih penasaran ingin menyimak hasil pengalaman dari peserta didik kelas 10 -11 ??? 

Sabar ya......nanti kami akan mengarsipkan dibagian “download” kita tunggu cerita seru dari mereka semua selama mengikuti kegiatan “Study tour”. Pangudi Luhur Bernardus Wonderful Adventure and Study Tour on Januari 2023.

By: Leads


 

Bagikan Ke: