021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
18/04/2024

Mengenal Kehidupan Down Syndrome Kisah Mutasi yang Menyentuh

Administrator | Penelitian Sains dan Teknologi

Setiap manusia yang lahir kedunia ini adalah sempurna menurut Tuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam setiap individu, terdapat cerita unik yang membentuk identitas dan perjalanan hidup mereka. Namun, terkadang kita cenderung melabeli dan mengkategorikan seseorang berdasarkan perbedaan yang ada, tanpa memahami keadaan sebenarnya yang terdapat di balik setiap cerita.

Salah satu contoh yang menginspirasi adalah kisah tentang kehidupan individu Down Syndrome. Down Syndrome adalah salah satu kondisi genetik yang disebabkan oleh kelebihan materi genetik pada kromosom 21. Pada umumnya, bayi lahir dengan 46 kromosom, sedangkan bayi dengan Down syndrome memiliki salinan tambahan dari salah satu kromosom ini, yaitu pada kromosom 21. Istilah medis untuk salinan tambahan kromosom ini adalah Trisomi. Kelebihan genetik ini, mengubah perkembangan tubuh dan otak individu dengan Down Syndrome. Down Syndrome memiliki 3 jenis yaitu Trisomy 21, Translocation Down syndrome, dan Mosaic Down syndrome, namun yang paling umum dialami adalah trisomy 21.

Individu dengan Down Syndrome biasanya memiliki IQ (ukuran kecerdasan) dalam kisaran agak rendah dan memiliki keterlambatan dalam berbicara dibandingkan anak-anak lain. Autisme juga dapat dialami oleh penyandang Down Syndrome, karena perkembangan otak yang tidak sempurna dan IQ yang dibawah rata-rata. Beberapa ciri umum dari Down syndrome dapat dilihat melalui fisik mereka seperti wajah yang rata (terutama pangkal hidung), mata berbentuk almond yang sipit, leher pendek, telinga kecil, dan tinggi mereka yang lebih pendek saat anak-anak dan orang dewasa.

Kelainan ini sama sekali tidak langka dan termasuk cukup sering terjadi. Di Indonesia kurang lebih 1 dari 1.000 bayi mengalami kelainan kromosom atau Down Syndrome ini. Meskipun kadang-kadang dianggap sebagai "kekurangan" dalam masyarakat indonesia, kehidupan individu dengan Down Syndrome adalah contoh nyata bahwa keunikan genetik yang bisa membawa keberagaman yang tak ternilai. Banyak anggapan negatif  bahwa orang dengan Down Syndrome tidak dapat melakukan banyak hal adalah salah.

Mitos seputar Down Syndrome banyak berkembang dan tidak dapat dibenarkan. Contoh mitos yang beredar antara lain adalah pemahaman bahwa anak dengan Down Syndrome hanya bisa masuk ke sekolah khusus, faktanya mereka tetap bisa mengikuti kurikulum biasa seperti anak lainnya dan di dalam perkembangan pendidikannya, beberapa anak dengan Down Syndrome dapat lebih cepat menyerap informasi baru. Selain itu penyandang Down Syndrome juga dapat bekerja, seperti contoh Cafe ONNI House yang berlokasi Kota Surabaya, yang mempekerjakan orang atau penyandang disabilitas, termasuk orang dengan Down Syndrome. Hal ini tentu mematahkan stigma besar penyandang Down Syndrome bahwa mereka juga mampu untuk bekerja dan melakukan banyak hal.

Sebagai seorang yang terpelajar, tindakan yang sebaiknya kita lakukan untuk mereka adalah tidak perlu memperlakukan Down Syndrome berbeda atau seolah mereka adalah barang pecah belah yang mudah pecah. Hal ini karena anak kecil dan orang dewasa yang mengidap Down Syndrome tidak memiliki perilaku yang sama. Orang dewasa yang mengidap Down Syndrome berbeda dengan anak kecil dan tidak seharusnya mereka diperlakukan seperti anak kecil. Mereka juga mengalami tahap perkembangan secara individual layaknya orang biasa. Oleh karena itu, hal ini kerap luput dari pengetahuan mengenai fakta Down Syndrome.

Sebagai masyarakat yang peduli, penting bagi kita untuk memperluas pemahaman dan pandangan kita tentang keberagaman manusia. Kisah-kisah tentang kehidupan individu dengan Down Syndrome adalah panggilan bagi kita untuk lebih memahami, menerima, dan mencintai diri kita sendiri dan satu sama lain tanpa syarat. Jadi, apa kekuranganmu yang menjadikanmu spesial ?

By: Andryan-12 IPS

Referensi:

https://www.cdc.gov/ncbddd/birthdefects/downsyndrome.html

https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/mitos-dan-fakta-seputar-

own-syndrome

https://ndss.org/about

https://www.nhs.uk/conditions/downs-syndrome/

https://www.konde.co/2023/10/onni-house-kafe-inklusif-pekerjakan-orang-dengan-sindro

m-down.html/#:~:text=Kafe%20ONNI%20House%20yang%20berlokasi,termasuk%20oran

g%20dengan%20sindrom%20down.

Bagikan Ke: