021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
15/05/2022

Sejarah “GUA MARIA Sendang Kahuripan”

Administrator | Sejarah
  • Gua Maria Sendang Kahuripan terletak di Kompleks Sekolah Pangudi Bernardus Deltamas. Di bukit salah satu tempat ada sumur yang airnya digunakan oleh penduduk di Sukamahi. Air sumur ini tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau. Pada bulan Maret ada pembangunan SMA yang tempatnya tidak jauh dari sumur itu. Saya menanyakan ke Mandor bangunan tersebut yang bernama Pak Bambang mengapa tidak mengambil air dari sumur untuk keperluan bangunan gedung SMA ? Beliau menjawab “karyawan pada takut Der karena ada yang melihat ada ular besar sekali”. Beberapa hari kemudian teman saya satu komunitas ada yang sakit dan sakitnya itu tidak jelas. Lalu kami mendoakan dan dia cerita kalau merasa terganggu dan melihat ular besar di dekat sekolah tempat dia mengajar. Saya meyakini itu bukan ular beneran bisa jadi itu hanya penampakan saja. Saya mempunyai pemikiran untuk membuat Gua Maria di dekat sumur itu. Dengan adanya Gua Maria saya percaya tempat ini akan menjadi tempat yang mempunyai Aura yang positip, damai dan nyaman.  Bunda Maria Penolong abadi akan menolong dan mendoakan setiap orang yang berdoa dengan perantaraan Bunda Maria.
  • Pagi Tgl 24 Maret 2017 setelah misa pagi saya sharing dengan Romo Wisnu selaku Rm Paroki dan minta restu untuk membangun Gua Maria di dekat sumur yang ada di komplek sekolah Pangudi Luhur. Romo Wisnu sangat setuju dan mendukung saya kalau mau membangun Gua Maria. Rm Wisnsu dapat pesan dari Mgr Ignatius Suharyo supaya ada tanda untuk kegiatan Rohani di Paroki Cikarang. Pagi harinya hari Sabtu, tgl 25 Maret 2017 bertepatan dengan hari raya Maria mendapat kabar suka cita dari malaikat saya mulai membangun Gua Maria. Ada 7 karyawan yang mengerjakan di hari pertama, hari berikutnya mereka tidak masuk kerja karena pada sakit. Kami  berdoa lalu hari berikutnya mereka mulai mengerjakan Gua Maria lagi. Mereka bekerja sampai lembur karena saya menginginkan tanggal 1 Mei 2017 Gua Maria sdh jadi diresmikan dan diberkati. Selama pengerjaan itu saya setiap hari selalu bersama dengan pekerja-pekerja Gua Maria. Pada suatu hari Pak Anton menemui saya bertanya apa yang bisa dibantu bruder? Saya menjawab pak Anton apa bisa dibelikan patung Bunda Maria dari Fatima. Pak Anton dengan cepat menjawab bisa bruder. Akhirnya tidak lama kemudian Patung Bunda Maria ada dan dipasang.
  • Pada tanggal 1 Mei 2017 bertepatan dengan bulan Maria dan mengenang 100 tahun penampakan Bunda Maria di Fatima Gua Maria Sendang Kahuripan diresmikan dan diberkati oleh Rm Wisnu sebagai pastor paroki di Cikarang. Mulai saat itu menjadi tempat ziarah bagi  umat dan secara khusus bagi para siswa siswi yang bersekolah di PG – TK, SD, SMP dan SMA Pangudi Lihur Bernardus Deltamas. Saya memberi nama tempat ziarah tersebut GUA MARIA SENDANG KAHURIPAN. Di dekat Gua Maria ada sumber air yang tak pernah kering dan bermanfaat bagi kehidupn sebagian masyarakat Sukamahi
  • Untuk melengkapi tempat ziarah Gua Maria Sendang Kahuripan saya membuat taman doa jalan salib yang diresmikan oleh Mgr Ignatius Suharyo pada tanggal 17 Juli 2017 bersamaan dengan pemberkatan SMA Pangudi Luhur Bernardus Deltamas. Jalan Salib di awali dari depan sekolah PG – TK Pangudi Luhur Bernardus.
  • Akhirnya banyak orang yang berziarah ke Gua Maria Sendang Kahuripan. Pada suatu hari saya didatangi seorang ibu dan Rm Wisnu. Ibu tersebut sharing berkat doa di Gua Maria Sendang Kahuripan dengan perantaraan Bunda Maria anaknya yang sakit sudah dibawa untuk berobat diberbagai Rumah Sakit tidak sembuh. Syukur pada Allah berkat doa di Gua Maria Sendang Kahuripan dengan perantaran Bunda Maria anaknya sembuh. Banyak cerita yang terkabul doanya lewat perantaraan Bunda Maria di Gua Maria Sendang Kahuripan.
  • Masyarakat jawa mengenal adanya malam anggoro kasih, yang merupakan julukan untuk selasa kliwon, artinya adalah malam penuh kasih sayang. Sehingga upacara yang digelar pada pasaran Selasa Kliwon dianggap penting dan sakral. Saya sebagai orang Jawa yang mengimani Allah adalah Kasih dan merasakan kasih Allah yang begitu besar mengadakan misa selasa kliwon di Gua Maria Sendang Kahuripan. Setiap hari senin malam = malam selasa kliwon pkl 20.00 ada misa SELASA KLIWON.  Misa dipimpin oleh Romo yang ada di Paroki Cikarang,  Romo dari Atmi Jababeka dan Romo2 dari Paroki lainnya secara bergantian. Umat yang ikut misa Selasa Kliwon kurang lebih 80 an orang.
  • Selamat berziarah dan berdoa dengan Perantaraan Bunda Maria dari Fatima “ Ya Yesus yang maha baik ampunilah dosa-dosaku, selamatkanlah aku dari api neraka dan hantarlah jiwa-jiwa kedalam Surga terutama mereka yang sangat membutuhkan kerahiman-MU.

Salam,

Br Paulus Sumarno FIC

Bagikan Ke: