021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
31/10/2022

Lelah Yang Menyenangkan di Explodus

Administrator | Kegiatan Peserta Didik

Hari yang dinanti-nantikan akhirnya tiba! Hari Jumat tanggal 28 Oktober adalah puncak acara kegiatan Ex-Plodus. Apasih Ex-Plodus itu? Ex-Plodus yaitu kegiatan Explore Pangudi Luhur Bernardus.Setelah sekian lama ditiadakan karena pandemic, kini sekolah kami bisa mengadakan acara Ex-Plodus lagiii. Banyak sekali tampilan-tampilan yang dipertunjukkan loh. Mulai dari sisinga-an, drama SMA, tarian TK-SD, Tarian SMP, Maupun tarian Mojang Priangan SMA. Tak kalah juga, ada beraneka ragam stand bazaar disana. Mulai dari stand TK, SD, SMP, SMA, hingga bazaar Gramedia.

Karena Angkatan sekarang menggunakan kurikulum merdeka, kami kelas x menampilkan hasil karya P5 kita. Ada yang menari Mojang priangan, membatik mega mendung, melukis topeng, sisinga-an, berjualan cireng cincau, dan berjualan piscok goyobod. Saya sendiri berada di kelompok P5 membuat cireng dan cincau. Awalnya kami tidak expect akan serame dan selaku itu. Tetapi karena seiring berjalannya waktu dan tidak henti-hentinya pelanggan datang, membuat kami optimis bahwa dagangan kami akan laris manis. Ini adalah pengalamanku pertama kali berjualan berkelompok tanpa bantuan dari orang tua. Mulai dari pesanan pagi hari sampai siang hari tak ada hentinya. Ada waktu dimana kami kehabisan bahan dan barang dalam pembuatan cireng cincau. Kemudian aku dan temanku bergegas langsung membeli bahan tersebut. Entah sudah berapa kali kami keluar masuk ke took yang sama hanya untuk me-restock belanjaan yang habis. Walaupun melelahkan, tetapi aku bangga karena memiliki teman 1 tim yang bisa diajak Kerjasama. Ternyata, ada juga anggota kelompok sebelah yang membantu kami dalam membeli restock-an barang. Super Duper Mega bersyukur dikelilingi oleh teman-teman yang bisa tolong menolong satu sama lain.

Dari kegiatan Ex-Plodus hari ini, banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil. Yaitu kesabaran saya dan teman-teman diuji saat melayani pelanggan wkwkwk. Ada yang mesen A, B, C, D, dll, kemudian ditinggal pergi, ada juga yang membeli dengan uang gede, sedangkan kelompok kami tidak ada kembaliannya huhuhu. Ya tapi It’s OKAYYY! Sangat senang bisa bekerjasama dengan rekan 1 tim.

Semoga kedepannya lagi, kami bisa lebih prepare dan lebih menyiapkan mental lebih kuat lagi.

Sekar Ayu Juanita – X A

Explodus Kali ini menurut saya sangat menarik karena saya tadi tampil di depan panggung dengan iringan menari. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari penampilan menari saya salah satu nya yaitu kekompakan. Awalnya saya ragu dengan kelompok saya dan tidak yakin dalam 2 hari bisa tampil dengan maksimal, tapi ternyata itu semua salah. Ketika Hari Penampilan Saya Tampil dengan Cukup pede dan kelompok nari saya tampil dengan maksimal dan kompak. Dari situ saya belajar banyak bahwa jangan terlalu cepat mengambil keputusan, Jika kita belum mencoba nya dengan maksimal.

Berbicara mengenai perasaan saya sendiri memiliki perasaan campur aduk saat explodus. Pperasaan sedih saat beberapa teman dekat saya tidak bisa datang ke explodus karena mereka semua sibuk sekolah. Perasaan senang nya saat menampilkan tarian di panggung dan berhasil perasaan saya sangat senang dan bangga karena ternyata saya bisa mengikuti tarian dengan kompak. Perasaan Biasa saja mengenai makanan yang di jual saya ber ekspetasi bahwa akan ada makanan yang unik unik yang akan di jual tapi ternyata yang dijual makanan pada umum nya yang di jual di bazar. Eexplodus ini merupakan acara yang menyenangkan bagi saya karena saya bisa berpartisipasi untuk membantu teman saya yang berjualan di stand, saya sendiri sudah membeli Karya Batik dan minuman es goyobot serta piscok kelompok teman saya.

Pengalaman saya selama Explodus sangat senang karena bisa membantu teman teman dan membantu orang lain yang berjualan dengan membeli produk tersebut. Lalu saya juga bisa menghibur orang lain dengan tampilan menari saya dan meyakinkan orang bahwa tidak hanya perempuan saja yang bisa menari tetapi laki laki juga bisa. Saya jarang menonton karena panas matahari yang terik, menurut saya seharusnya area tenda ditambah agar banyak orang yang bisa berada di dalam tenda dan tidak kepanasan. Mmakanan yang di jual juga saya harap bisa lebih bervariasi agar orang orang juga banyak yang ingin membeli nya jika menjual produk yang sama orang akan melihat mana yang lebih rame pasti itu yang akan di beli. Jika mengadakan acara Explodus kembali bisa di sediakan tempat duduk seperti kursi agar seperti murid atau orang lain yang datang tidak duduk di batu atau bahkan berdiri, setidak nya jika kekurangan kursi bisa menyewa kursi dan seharusnya PL belajar dari explodus lalu yang pengunjung nya sangat banyak.

Fransiscus Elvandra Tjutju- X A

Tepat hari ini, pada tanggal 28 Oktober 2022, kami telah selesai melaksanakan serangkaian kegiatan Explodus. Banyak sekali hal telah yang kami lakukan hari ini. Mulai dari upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda, hingga acara inti kegiatan Explodus. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama, mulai dari PG-TK hingga SMA. Bahkan kegiatan ini terbuka untuk umum, sehingga siapa saja bisa mengikuti kegiatan Explodus hari ini dengan mendatangi stand-stand yang tersedia, atau menyaksikan penampilan dari teman-teman kami.

Pada kegiatan Explodus hari ini saya dan teman-teman sekelompok menunjukan serta berusaha menjual hasil karya kami yang masuk ke dalam Projek P5. Kami mengkreasikan batik Mega Mendung dalam beberapa produk, seperti tote bag, talenan, dan kanvas. Awalnya, saya sedikit risau karena takut bazar yang kami lakukan tidak berjalan lancar. Namun, berkat bantuan teman-teman saya, seluruh produk atau karya yang kami buat terjual habis. Saya merasa sangat senang ketika ada yang membeli karya kami. Google Forms untuk penilaian juga terisi dengan baik, dan bisa menjadi evaluasi untuk kelompok kami. Meskipun hasil yang telah kami dapatkan tidak dapat menutup modal secara keseluruhan, namun itu lebih baik dibanding tidak ada hasil sama sekali.

Hari ini menurut saya merupakan hari yang cukup melelahkan, tapi juga menyenangkan bagi saya. Karena sudah lama sekali tidak ada acara kebersamaan akibat pandemi. Berdasarkan kegiatan hari ini ataupun dari google form yang kami sebarkan tadi selama di stand, banyak sekali hal positif yang bisa kami dapatkan. Mulai dari kerja sama tim yang sangat penting untuk tim itu sendiri, serta berusaha untuk optimis dalam segala hal yang disertai dengan usaha. Dan tidak lupa, penting nya untuk mendengarkan saran dari orang-orang yang ada disekitar kita.

Ceyline Zeviska - XA

Bagikan Ke: