021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
18/06/2022

Kegiatan Usaha Pencarian Dana Organisasi SMA PL

Administrator | Kegiatan Peserta Didik

Usai ujian akhir sekolah, tentunya ditutup dengan penyampaian hasil belajar siswa melalui penerimaan rapot. Ada yang berbeda pada kegiatan penerimaan rapot di SMA Pangudi Luhur yang berlangsung hari Jumat, 17 Juni kemarin. Beberapa siswa mempraktikkan proyek yang telah direncanakan bersama dengan wujud melayani orang tua murid saat menunggu antrean pengambilan rapot. Para siswa yang bertugas menyiapkan beberapa jenis cemilan dan minuman panas dan dingin diiringi musik agar suasana menjadi lebih rileks. Setelah ditelusuri, ternyata mereka memiliki tujuan, yaitu mengumpulkan dana untuk membentuk kantin organisasi.

Secara tidak langsung, kegiatan ini merupakan praktik dari kolaborasi mata pelajaran yang telah mereka pelajari. Gabungan mata pelajaran Enterpreneurship digabungkan dengan ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Prakarya. Pembagian tugas agar semua bisa bekerja sama juga menjadi nilai penting, menghidupkan karakter unggul SMA Pangudi Luhur. Kegiatan dimulai dari pemberian modal awal oleh bagian kesiswaan, salah satu koordinator siswa menerima modal tersebut kemudian membagi ke setiap anggota untuk dibelanjakan dan menyiapkan sajian. Sajian yang diberikan sederhana berupa hidangan rebus-rebusan yang disesuaikan dengan selera konsumen, yaitu orang tua murid. Ide siswa untuk berkolaborasi dengan penanggung jawab kantin sekolah, Bu Dian, dengan mengambil produk Sosro juga menambah varian sajian. Akhir kegiatan ditutup dengan penghitungan laba. Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00 tersebut menghasilkan laba yang dihitung dengan teliti oleh penanggung jawab.

Semangat para siswa ini menguatkan karakter yang ditanamkan dari rumah oleh orang tua. Dimulai dari kemuan, dipupuk dengan semangat, dan kerja keras kolaborasi membuahkan hal positif yang dapat dinikmati oleh banyak orang. Semangat untuk menghidupkan kantin organisasi semoga memberikan harapan baru untuk terus bergotong-royong oleh seluruh anggota SMA Pangudi Luhur. Dimulainya kegiatan positif ini memberikan angin segar di awal kegiatan sekolah secara offline ini. Mari, semangat kebersamaan selalu kita junjung tinggi untuk kepentingan dan kemajuan SMA Pangudi Luhur.

By : Vero

18 Juni 2022

Bagikan Ke: