021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
24/05/2022

Fotografer Upacara Kebangkitan Nasional

Administrator | Kegiatan Peserta Didik

Hari Jumat tanggal 20 Mei tahun 2022, diperingati hari Bernardus day dan hari Kebangkitan Nnasional. Kita disini disadarkan bahwa setelah sekian lama sekolah kita didirikan oleh sosok yang sangat luar biasa dan berjasa untuk kita untuk belajar Bersama di sekolah Pangudi Luhur Deltamas ini. Segala proses yang kita lakukan, dilandaskan dengan adanya rasa bela kasih, toleransi, dan sikap kepangudiluhuran yang didirikan. Acara pada tanggal 20 Mei ini dilaksanakan dari pagi hari sampai dengan siang hari. Agenda dimulai dari kegiatan upacara bendera, ekaristi Bernardus day sekaligus peresmian mesh putri, dan talkshow mengenai asal-usul dan kerja keras para guru dan bruder dalam membangun adanya kekeluargaan dan kebersamaan di sekolah pangudi Luhur Bernardus kota deltamas ini.

            Dalam kegiatan upacara hari kebangkitan nasional ini, saya terpilih menjadi fotografer. Selama upacara berlangsung, saya pun menggunakan segala teknik dalam fotografi, dari sisi pencahayaan, komposisi gambar dan letak posisi framing. Walaupun memang kondisi cuaca pada saat upacara cukup terbilang mendung dan cahaya yang turun pun sangat minim, maka saya pun harus lebih bisa memposisikan kamera untuk tetap bisa mendapatkan shot yang bagus dengan komposisi warna, dan gambar yang sesuai. Hasil foto yang saya dapatkan, ditambahkan pula filter/preset dari aplikasi Lightroom yang dapat memberikan efek warna dan komposisi pencahayaan yang lebih cinematic dan juga menarik untuk para penikmat foto-foto tersebut.

            Menjadi seorang fotografer membutuhkan suatu skill khusus dan kegiatan tersebut tidak mudah untuk dilakukan, terlebih di acara-acara resmi seperti upacara, atau kegiatan resmi lainnya. Disitu pun kita harus tetap bisa memposisikan diri kita untuk memahami dan menguasai teknik-teknik dalam fotografi itu sendiri, agar orang yang menikmati hasil karya tersebut, bisa ikut merasakan emosional yang terjadi pada foto tersebut.

By: Kenzie Manuel Evno-XI IPS

Bagikan Ke: