021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
03/08/2024

Dampak dari penggunaan bahasa kasar dan pentingnya menjauhi bahasa kasar bagi pelajar

Administrator | Pendidikan

Dalam kehidupan sehari – hari, manusia tidak terlepas dari penggunaan bahasa dalam bentuk komunikasi. Pelajar sebagai generasi muda harus memahami dan menghormati pentingnya menggunakan bahasa yang pantas dan bermartabat. Namun, justru sebaliknya terkadang pelajar terjebak dalam penggunaan bahasa yang tidak pantas yang dapat berdampak negatif pada diri mereka sendiri maupun orang lain. Sering kali, seorang pelajar menggunakan kata – kata kasar dalam berinteraksi dengan teman sebaya. Penggunaan bahasa tersebut digunakan sebagai lelucon dan diucapkan tanpa adanya penyesalan.

Faktor yang mempengaruhi seseorang menggunakan bahasa kasar, yaitu dikarenakan pergaulan yang kurang baik, agar dianggap keren, dan bisa diterima oleh lingkungannya karena mereka juga menggunakan bahasa kasar. Selain dari lingkungan, para pelajar biasanya menggunakan bahasa kasar dikarenakan media sosial yang ada. Mayoritas media sosial yang ada tidak memiliki rentan umur bagi para penggunaannya. Kita dapat menemukan anak- anak dibawah umur yang menggunakann bahasa kasar. Ini dapat menjadikan para pelajar Indonesia menjadi buruk dikarenakan bahasa yang mereka gunakan.

Dampak yang akan terjadi ialah pelajar tersebut memiliki kerusakan dalam berhubungan sosial, akan terjadinya kurangnya rasa hormat, penurunan kualitas berkomunikasi, menyakiti hati orang lain, mencoret nama baik sekolah, dan juga bisa sampai menciptakan lingkungan yang tidak aman. Dampak-dampak inilah yang akan diterima jika kita sering atau menggunakan bahasa kasar.

Setelah kita mengetahui dampak menggunakan bahasa kasar, kita sepatutnya tidak lagi atau jangan menggunakan bahasa kasar tersebut dimanapun kita berada. Kita sebagai pelajar Indonesia harus menjadi pelajar-pelajar yang bermutu dan juga dapat menjadi contoh untuk para penerus bangsa selanjutnya. Jadi “STOP BERBAHASA KASAR

Sumber :

  1. https://kumparan.com/viraayuniar19/sebab-dan-akibat-penggunaan-bahasa-kasar-di-kalangan- remaja-millenial-1woCHR0l7XP/1
  2. https://jurnalistiqomah.org/index.php/jpmi/article/view/612

Valencia Gloria Anasanri-X A

Bagikan Ke: