021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
03/08/2024

Dampak Baik dan Buruknya Bermain Kartu

Administrator | Bahasa & Humaniora

“Bermain bridge dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Pada otak, manfaatnya diyakini dapat meningkatkan kekuatan otak dan menstimulasi tingkat imun tubuh.”

Ini lah yang diyakini oleh orang-orang sejak abad ke-18 hingga saat ini. Selain menjadi sebuah hiburan, tahukah kalian bahwa bridge merupakan jenis olahraga permainan kartu remi yang menghubungkan dua jenis permainan kartu? Bahkan cabang olahraga bridge sudah diakui oleh IOC sehingga bisa dipertandingkan di Olimpiade. Permainan kartu sudah mendunia dan sangat populer sejak dahulu sehingga terus berevolusi hingga memiliki berbagai macam jenis permainannya. Mulai dari tarot dan bridge, cangkulan, truf, poker, blackjack, UNO, dan sebagainya dengan sejumlah kondisi peraturan yang dimodifikasi. Nah permainan kartu ini memang membutuhkan kejelian serta kemampuan berpikir kita untuk melihat peluang kemenangan jadi tidak heran mengapa permainan kartu dianggap dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan kognitif.

Jika dimainkan dengan niat yang positif tentunya permainan kartu dapat memberikan dampak baik bagi diri. Namun sayangnya, banyak orang yang menyalahgunakan permainan kartu untuk hal-hal negatif, seperti berjudi. Hal itu menyebabkan munculnya stigma negatif terhadap permainan kartu remi dan menjadi kewaspadaan orang-orang, terutama sekolah yang menjaga peserta didik. Bukan hanya di sekolah, di lingkungan masyarakat pun masih banyak yang menganggap bahwa permainan tersebut hanyalah kegiatan buang-buang waktu.

Memang banyak permainan judi yang menggunakan kartu remi, tetapi bukan berarti setiap permainannya adalah bagian dari perjudian. Lagipula, jika membicarakan soal perjudian, bukankah bertaruh pada suatu hal seperti ayam dan sepakbola juga bisa dijadikan ajang judi? Ini yang saya pahami, tidak banyak orang yang bermain kartu dengan serius, dan malah menyalahgunakannya untuk berjudi. Dan tentu saja, informasi tersebut yang tersebar kemana-mana dan permainan kartu remi mendapatkan stigma buruk. Bagaimana menurut anda sahabat Hoecken? Apakah mau melihat dari sisi baik atau buruk?  Itu menjadi pilihan Anda.

By: Natasha Kinsky-XIB

Bagikan Ke: