021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
28/05/2022

Art Photography in Scouting Together

Administrator | Kegiatan Peserta Didik

Jumat, 27 Mei 2022, adalah hari dimana kita menjalani kegiatan pramuka offline pertama kali selama 2 tahun secara online. Acara yang diselenggarakan oleh ambalan ini merupakan kegiatan fun sekaligus melatih pengetahuan kita dalam pramuka. Kegiatan dimulai dengan apel pramuka bersama seluruh siswa-siswi dan guru-guru. Sesudah apel selesai, acara pun dimulai dan berlangsung selama 1 jam lebih. Saya dipilih untuk menjadi fotografer acara pramuka, maka saya menyiapkan segala sesuatu nya mulai dari gear camera yang saya gunakan, media komunikasinya, dan tempat-tempat yang akan saya tuju untuk shot foto. Acara pramuka ini terdapat game-game yang diselenggarakan oleh tim ambalan dan dibagi menjadi pos-pos di sekitar sekolah, yaitu terdapat pada pos satpam SMP, parkiran belakang SMA, pintu masuk samping SMA, dan TK. Pada kondisi tersebut saya pun harus bisa memposisikan diri dan gear/camera yang saya gunakan untuk tahan dalam terik panas matahari siang hari. Di setiap pos telah disiapkan beberapa game salah satunya adalah memindahkan kelereng menggunakan sendok di mulut, lalu memecahkan kata-kata menggunakan sandi angka dan sandi kotak.

                Acara berjalan dengan baik, banyak sekali pelajaran yang bisa saya dapatkan, beberapa hal yang saya dapatkan terutama dalam pengambilan foto adalah saya harus bisa memposisikan kamera saya untuk menyesuaikan komposisi gambar, contrast gambar, dan aura yang bisa saya berikan dari foto tersebut kepada para penikmatnya. Terlebih di kondisi cahaya sangat baik untuk shot, maka potensi saya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus itu sangat memungkinkan. Kemudian acara dilanjutkan Kembali dengan kumpul bersama sangga untuk beristirahat dan makan bersama, dan di saat itu pun adalah kondisi yang tepat untuk saya mendapatkan foto yang ingin saya sampaikan kepada teman-teman mengenai kondisi kebersamaan dalam sangga. Acara makan-makan selesai dan dilanjutkan dengan doa rosario Bersama sebelum jam pulang. Di saat doa rosario ada disaat beberapa scene saya bisa mendapatkan satu, dua foto dalam keheningan, yang juga sebagai bukti foto.

                Acara pun selesai, dan kita semua pun pulang, dan kesan pesan yang bisa saya tuliskan disini adalah, kebersamaan dalam sebuah tim adalah suatu hal yang sangat penting bagi kita dalam mengembangkan sosialisasi kita terhadap masyarakat, terlebih untuk saya juga bisa lebih mempelajari bagaimana Teknik fotografi dalam acara seperti ini sangat dibutuhkan agar dari hasil foto yang saya perlihatkan ini dapat memberikan rasa emosional kepada para penikmatnya.

By: Kenzie Manuel Evno - XI IPS

Bagikan Ke: