021 2215 7991
kurikulumsmapl@gmail.com
Jl. Tol Jakarta-Cikampek Km 37
blog-img
18/04/2024

Hati-Hati Ternyata Thing Beneran Ada di Dunia Nyata

Administrator | Penelitian Sains dan Teknologi

Pernahkah kamu menonton film Wednesday? Yap, di film tersebut terdapat suatu karakter bernaman Thing dimana ia hanya merupakan sebuah tangan tanpa tubuh, namun dia bisa hidup selayaknya manusia dan bergerak dengan bebas semaunya. Ternyata, thing beneran ada di dunia nyata lohh!! Thing beneran ada di dunia nyata, namun bukan Thing yang tanpa tubuh yaa tetapi tangan yang bisa tiba-tiba bergerak sendiri tanpa otak kita mau itu beneran ada. Tangan yang bisa bergerak sendiri tanpa kita mau merupakan sindrom dari mutasi yang terjadi pada manusia. Sindrom tersebut bernama sindrom tangan alien. Sebelumnya, mutasi merupakan peristiwa materi genetik kromosom atau DNA di dalam inti sel. Perubahan yang terjadi ini menyebabkan terjadinya perubahan pada tingkat sel, maupun tingkat individu. Oleh karena itu, yukk kita mengenal lebih lanjut apa itu sindrom tangan alien!

            Sindrom tangan alien merupakan suatu kondisi neurologis langka yang ditandai dengan tangan yang bisa bergerak dengan sendirinya. Bahkan terkadang hal ini juga bisa terjadi pada kaki, namun hal tersebut jarang terjadi. Sindrom tangan alien ini memberi tanda seolah-olah ada orang lain yang mengendalikan tangan atau tangan seperti memiliki otaknya sendiri, bahkan tangan bisa menolak apa yang otak perintahkan. Tangan yang mengalami sindrom tangan alien ini dapat secara tiba-tiba melakukan berbagai macam gerakan, seperti bergerak seperti menari, menyentuh wajah, membelai rambut, hingga mengambil barang tertentu. Ketika sindrom ini mengalami momen tertentu, sang penderita akan merasa bingung karena tangan bergerak tanpa sengaja maupun tanpa adanya koordinasi dengan otak untuk melakukan tindakan tertentu. Sindrom tangan alien ini juga dapat diderita oleh siapa saja, terlebih jika sebelumnya memiliki riwayat gangguan pada otak. Setelah diteliti lebih lanjut, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita sindrom tangan alien, diantaranya:

  1. Efek samping karena adanya penyakit tertentu seperti stroke, tumor, bahkan trauma
  2. Terdapat lesi atau jaringan abnormal pada bagian otak
  3. Efek samping setelah bedak otak

            Sampai sejauh ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan sindrom tangan alien ini. Para peneliti juga masih berupaya untuk setidaknya mengurangi gejala dari sindrom ini walaupun terapi dan obat untuk sindrom ini belum begitu berkembang pesat. Namun sindrom tangan alien ini bisa ‘dikendalikan’ melalui terapi kontrol otot menggunakan toxin botulinum serta obat-obatan pelemas otot sebagai penghambat neuromuskular. Setelah diteliti, beberapa kasus penderita sindrom ini sukses sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan, namun secara keseluruhan tetap terapi merupakan langkah yang paling efektif untuk mengurangi gejala sindrom tangan alien ini.

By: Natania Levani Leandro-XII IPA

Referensi:

https://amp.kontan.co.id/news/apa-itu-sindrom-tangan-alien-kenali-gejala-dan-cara-mengatasi-sindrom-tangan-alien-1

https://hellosehat.com/saraf/saraf-lainnya/sindrom-tangan-alien/

https://www.halodoc.com/artikel/kenali-berbagai-cara-mengobati-sindrom-tangan-alien

Bagikan Ke: